Cara Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google

Cara Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google  - Google adalah primadona bagi penikmat jejaring internet, khususnya bagi pemilik situs atau blog. Sumber trafik terbesar akan datang dari hasil pencarian Google, ditambah search engine lain semisal Bing dan Yahoo serta mesin pencari lainnya.

Ada banyak cara meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Namun bloGoooblok ~ menyarankan Anda menggunakan metode-metode murni yang ramah lingkungan dan sehat dimata search engine. Jika hingga kini blog Anda belum terindex oleh Google, silahkan daftarkan blog Anda terlebih dahulu. (Baca Cara Mendaftarkan Blog ke Google)

Bagi Anda yang sering menggunakan Google mencari informasi, mungkin pernah dihadapkan pada hasil pencarian tersusun untuk satu situs atau blog. Metode itu dinamakan oleh Google sebagai sitelinks. Itulah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Jika belum paham apa yang kami maksudkan, silahkan uji coba dengan mengetikkan kata blogoooblok di Google. Maka hasil pencariannya seperti berikut ini.


Apa Itu Sitelinks? 

Sedikit yang kami jelaskan diatas, bahwa sitelinks adalah hasil pencarian yang memiliki karakteristik berbeda. Pada satu kata kunci tertentu (kebanyakan nama situsnya) bisa muncul dihalaman pertama dengan hasil pencarian bertingkat dan condong kedalam.

Ada beberapa macam sitelinks. Ada yang hanya dua kolom, ada empat kolom dan enam kolom, bahkan ada beberapa situs lebih dari itu. Google masih merahasiakan, cara pemberian sitelinks ini kepada situs tertentu, begitu pula dengan jumlah sitelinks yang diberikan.

Secara alamiah, Google kadang memberikan sitelinks kepada situs tertentu karena beberapa hal, termasuk karena artikel yang ditampilkan disitus tertentu mempunyai reputasi yang lumayan, bisa juga karena jumlah kunjungan disitus itu tinggi sehingga Google memberi hadiah berupa sitelinks.

Mengapa Sitelinks Itu Penting? 

Jika Anda perhatikan, Google hanya akan menampilkan sepuluh baris situs dihalaman pertama untuk kata kunci tertentu. Apabila blog Anda mendapatkan sitelinks, minimal dua baris saja, itu berarti peluang Anda mendapatkan kunjungan jauh lebih besar, karena sisa situs yang akan ditampilkan Google tinggal delapan.

Bayangkan jika Google memberikan Anda hadiah enam sitelinks. Situs lain yang akan ditampilkan tinggal sedikit. Dengan sitelinks pada blog Anda juga akan menarik perhatian pengunjung, karena karakteristik pencariannya berbeda dari yang lain (ini merupakan sifat manusia, tertarik pada hal yang unik).

Membuat Sitelinks Lewat Google Webmaster Tools

Jika blog Anda tidak mampu mendapatkan hadiah sitelinks gratis dari Google. Tak perlu risau, karena Anda bisa membuatnya sendiri. Tetapi sebelum melangkan ke cara membuat sitelinks secara manual, Anda harus mengaktifkan dulu fungsi Googel Webmaster Tools, bisa Anda baca artikel ini, Cara Menggunakan Webmaster Tools. 

Jika telah mengaktifkan Webmaster Tools-nya. Selanjutnya ituki langkah-langkah berikut ini.

  • Login ke Google Webmaster Tools Anda, lalu pilih blog yang ingin dioptimalkan. Pada Dashboard pilih tab Search Apprearance, lalu klik Sitelinks. 
  • Ada dua kotak isian yang disajikan oleh Google. Pada kolom pertama, silahkan Anda kosongkan saja jika halaman homepage blog Anda adalah yang ingin Anda tampilkan. Namun jika ingin merubahnya, silahkan masukkan URL halaman yang ingin Anda tampilkan. Sementara di kolom yang kedua, adalah lokasi dimana Anda memasukkan halaman yang ingin Anda tampilkan. Jika telah mengcopy URL Anda, selanjutnya klik Demote. Anda bisa memasukkan beberapa URL, maka akan secara otomatis Google akan menggenerasikan link tersebut. 


  • Jika telah selesai memasukkan beberapa URL atau link. Selanjutnya Anda menunggu. Google akan melakukan ekstrak kepada link yang telah Anda Demote. Proses ini membutuhkan waktu yang berbeda-beda, ada yang hanya sehari, seminggu, sebulan bahkan ada juga yang mencapai usia tahunan baru tergenerate oleh Google. Sekali lagi, hal ini adalah kebijakan Google secara utuh. 

Dari pengalaman bloGoooblok ~, waktu yang dibutuhkan untuk mencitpakan sitelinks adalah satu minggu. Awalnya kami hanya mendemote empat link, namun Google dengan berbaik hati memberikan enam sitelinks di hasil pencarian. Silahkan coba peruntungan Anda.

  Sumber : http://blogoooblok.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-sitelinks-di-hasil-pencarian-google.html




Previous
Next Post »

11 komentar

Write komentar
Unknown
ADMIN BLOG
April 29, 2015 at 10:22 PM delete

Hahaha :D kalau ane udah ada sendiri sih gan gak tau dah dari mana tuh sitelink tapi boleh lah sekali-kali coba buat sendiri :D

Reply
avatar
Achmad Andik
ADMIN BLOG
April 29, 2015 at 10:40 PM delete

ane udah sminggu lebih gk ada prubahan :D :3

Reply
avatar
Lucky Ramisap
ADMIN BLOG
April 29, 2015 at 11:10 PM delete

Hallo sobat N3,
tips nya bagus nih, kebetulan lagi nyari =D

Reply
avatar
Asep Maulana Ismail
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 12:23 AM delete

ane udah nyoba gan beberapa bulan yang lalu, susah... itu google yang munculin otomatis kalo ga salah... CMIIW

Reply
avatar
seru2banget
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 12:35 AM delete

wah, cara dari webmaster blm ane coba sob..
tp alhamdulillah blog ane baru 3minggu buat udah dapat sitelink, ane jg kaget biasanya blog ane yg lain setelah sebulan atau dua bulan baru dapat ada sitelink ini 3 miggu udah dikasih hadiah sitelink oleh google..
haha

Reply
avatar
Bp
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 1:30 AM delete

Langsung praktek om

Reply
avatar
Arif Setiawan
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 6:41 AM delete

izin coba om, caranya cukup jelas bagi newbi seperti saya. :D

Reply
avatar
Unknown
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 7:52 AM delete

wah sangat bermanfaat artikelnya saya tunggu artikel terbaru nya.Nice post

Reply
avatar
LEAVATIK
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 7:57 AM delete

trimakasi Bro Info nya

Reply
avatar
Unknown
ADMIN BLOG
April 30, 2015 at 8:16 PM delete

Post Yang sangat Baik, Jadi nambah ilmu pengetahuan saya sebagai pemula

Reply
avatar